Cara Instalasi XAMPP



Cara Instalasi XAMPP


XAMPP merupakan sebuah paket instalasi untuk PHP, APACHE dan MySQL. Dengan menggunakan XAMPP, kita tidak perlu lagi repot menginstall ketiga software itu secara terpisah. XAMPP dapat di download di http://www.apachefriends.org/en/index.html. Berikut ini adalah cara menginstall XAMPP.
1.       Jalankan file xampp-win32-1.4.12-installer.exe (atau versi lainnya)
2.       Kemudian akan tampil pilihan untuk memilih bahasa ketika proses instalasi berjalan. Silakan pilih  bahasa Indonesian atau English, kecuali anda menguasai bahasa lainnya. Pada contoh ini saya memilih bahasa Indonesian karena saya cinta bahasa Indonesia.
 Description: Memilih bahasa
3.       Proses instalasi akan dimulai. Klik Maju untuk memulainya.
 Description: Mulai Instalasi
4.       Akan muncul lisensi software. Silahkan membacanya jika anda mau, tetapi saya lebih suka untuk tidak membacanya karena terlalu banyak. Klik Saya Setuju untuk melanjutkan.

Description: Lisensi Software 
5.       Selanjutnya silakan anda pilih lokasi install untuk XAMPP. Kemudian klik install
Description: xampp4 
6.       Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.
Description: Tunggu sebentar 
7.       Instalasi selesai
Description: instalasi selesai 
8.       Sampai tahap ini, berarti kita sudah menginstal XAMPP. Itu berarti kita sudah selesai menginstall PHP, APACHE dan MYSQL. Langkah selanjutnya adalah menjalankan servicenya.
9.       Jalankan XAMPP Control Panel yang ada di desktop. Atau anda juga dapat menjalankan XAMPP Control Panel dari menu Start -> All Programs -> apachefriends -> xampp -> xampp control panel.

Description: xampp control panel
10.   Nyalakan Apache dan Mysql dengan mengklik tombol Start. Buka web browser anda, lalu ketikkan http://localhost. Jika tampilannya seperti di bawah ini, maka apache sudah terinstall dengan benar.
Description: xampp8 
11.   Sekedar informasi saja, document root milik XAMPP terletak pada folder E:\Program Files\apachefriends\xampp\htdocs. Hal ini disebabkan karena saya menginstall XAMPP pada folder E:\Program Files\apachefriends.